Saturday 23 December 2017

Aliran Rasa Game Melatih Kemandirian

bismillah

Alhamdulillah, setelah melewati tantangan melatih kemandirian di kelas Bunda Sayang ini, banyak pelajaran dan hikmah yang saya petik.
Saya tersadar bahwa kemandirian dilalui dengan sebuah proses. Bukan semata bertumpu pada anak, namun bagaimana saya -sebagai ibu- merespon setiap tingkah laku dalam proses tersebut.
Iya, jika hari-hari yang lalu saya masih memperlakukan anak (13 m)seperti bayi, di sinilah saya tersadar, bahwa ia tak bisa selamanya bayi. Ia harus mandiri.
Jadilah, tugas-tugas domestik yang selama ini saya singkirkan untuk menemani anak, kini tidak lagi tersingkirkan. Kami kerjakan semua bersama!
Iya, di dapur ia ikut bantu. Makan sendiri. Eksplorasi buah dan sayuran sendiri, sembari mengenalkannya pada aroma-aroma dapur.

Hidup di rantau, meski tidak banyak sanak saudara dan kerabat yang mendampingi, saya banyak ambil sisi positifnya. Tarbiyah anak dengan "versi kami" lebih optimal!

No comments:

Post a Comment