Saturday 11 February 2012

SAAT FUTUR TIBA

bismillah

                Ada saat-saat di mana rasa ingin mengeluh itu mencoba menghampiri. Jika dibiarkan, dan tidak segera ditangani. Bisa mencapai titik klimaks. Dan entah sampai ketinggian mana klimaks itu mau berhenti.
                Ada baiknya kita bedakan, antara menuruti kata hati, atau menuruti hawa nafsu. Sekali futur, langsung “down”. Wah, bahaya itu.

                Adakalanya, rasa futur itu cepat sekali hadir. Belum juga sepekan, dari masa penantian 3,5 tahun. Sudah mencoba rasa itu hinggap di relung hati. Merobeknya pelan. Pelaan sekali. Percaya? Harus.
                Adapun mensiasatinya, tentu setiap pribadi punya cara tersindiri. Ingat, likulli ro’sin ro’yun!
Kalau untuk saya pribadi, selama ini rasanya sulit sekali mengusir rasa itu. Namun saya banyak termotivasi ketika masa orientasi kemarin, DR Amir Mahmud memutar slide power point sederhana. Dengan gambar monyet yang menutup kedua mata. Jelas tertulis dengan huruf kapital besar-besar, STOP DREAMING AND JUST DO IT!
                Kini, hampir setiap kali rasa malas-yang menjadi pemicu futur itu datang, selalu saya teringat slide itu. Hm, manjur kan? Tinggalkan pikiran yang berkecamuk,”aku pengen kerjakan tugas, tapi kok capek ya? Kok buntu ya?” STOP! Segera saja tegakkan badan, and do it! Simple sekali kan?
                Nah, untuk selanjutnya. Saya terinspirasi seorang kawan yang tengah membaca status fb friend-nya. “Jangan berhenti bekerja sampai anda benar-benar merasa lelah”. Wew!
                Yup, seringkali kita berhenti sebelum benar-benar kita lelah. Lelah segalanya. Fisik maupun psikis! Jangan sampai ketika kita mengerjakan sesuatu, pekerjaan itu terhenti lantaran hilangnya rasa mood. Toh, pekerjaan kita belum usai!
                Terakhir, seperti Imam Ahmad ketika ditanya, mengapa ia tak beristirahat sejenak dari kesibukannya sebagai ‘alim. Inti jawaban beliau, Di dunia ini kita terus bekerja dan Istirahat itu di akherat.
Subhanalloh!!!

                                                                                                                              Klaten Utara, 10102011

No comments:

Post a Comment